Contoh Usaha Kecil Kecilan

Apa itu usaha kecil kecilan? dan apa saja contoh usaha kecil-kecilan? Usaha kecil kecilan merupakan salah satu bentuk usaha yang membutuhkan modal tidak terlalu besar alias modal kecil.

Untuk contoh bisnis kecil kecilan ada banyak sekali misalnya saja berjualan sembako, berjualan makanan ringan, berjualan minuman, berjualan makanan siap saji dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam melakukan usaha kecil kecilan ini anda bisa melakukannya di rumah dan tidak perlu menyewa ruko. Untuk usaha kecil kecilan ini bisa dilakukan oleh ibu ibu, mahasiswa bahkan oleh orang yang baru terjun di dunia usaha juga bisa. Supaya anda lebih jelas contoh usahanya apa saja yuk di simak informasi di bawah ini.

Contoh Usaha Kecil-Kecilan di Rumah

Memiliki usaha di rumah pasti menjadi keinginan banyak orang, dengan mempunyai usaha di rumah maka anda tetap bisa di dekat keluarga dan tentunya mendapatkan keuntungan.

Nah untuk anda yang ingin melakukan usaha kecil kecilan di rumah akan tetapi masih kebingungan usaha apa yang cocok dilakukan, silahkan lihat beberapa referensi usaha kecil kecilan di rumah berikut ini.

Membuka Warung Sembako

Sembako merupakan kebutuhan pokok yang setiap orang membutuhkannya. Jika anda berada di tempat atau daerah yang penduduknya lumayan padat dan belum ada yang membuka usaha sembako maka hal ini menjadi peluang usaha untuk anda.

Jika membuka toko sembako apa saja produk yang di jual? Ada banyak sekali produk yang bisa anda jual misalnya saja menjual beras, menjual sabun mandi, menjual sabun cuci baju dan piring, menjual aneka mie, menjual air minum galon, menjual makanan ringan dan masih banyak lagi sembako yang bisa anda jual.

Membuka Usaha Jus

Selain membuka warung sembako anda juga bisa membuka usaha minuman contohnya seperti membuka usaha Jus dan aneka minuman yang lainnya. Kenapa harus membuka usaha jus? Karena bahan yang diperlukan cukup mudah anda cukup menyediakan blender, buah segar, gelas plastik, susu kental manis dan gula.

Jika anda berminat membuka usaha minuman seperti di atas anda bisa melakukannya di rumah apalagi jika rumah anda sering dilalui oleh banyak orang terutama anak anak.

Membuka Usaha Jajan Ringan

Jajanan ringan menjadi salah satu usaha yang gampang untuk dilakukan, karena tidak membutuhkan modal yang amat besar. Namun anda juga harus bisa membaca situasi di sekeliling anda.

Apakah jajanan ringan bisa di jual di tempat anda? Dengan pertanyaan seperti ini maka anda bisa mengetahui bisa atau tidaknya berjualan makanan ringan di tempat anda. Namun umumnya berjualan makanan ringan biasanya di tempat yang banyak anak anak.

Membuka Usaha Makanan Siap Saji

Makanan siap saji merupakan salah satu usaha yang bisa anda lakukan di rumah. Misalnya saja anda membuka Mie Ayam, Warung Makan, warung sayur, soto, pecel dll.

Biasanya yang membuka usaha makanan siap saji ini berada di tempat yang mayoritas orang di sekelilingnya seorang karyawan yang jarang memasak di rumah sehingga lebih memilih untuk membeli sayur matang atau makanan yang siap dikonsumsi.

Menjadi Reseller Toko Online

Seperti yang anda ketahui menjadi reseller sebuah toko online bisa dilakukan di rumah bahkan anda bisa mempromosikan barang yang anda jual hanya menggunakan Hp. jadi anda tidak perlu harus menawarkan barang jualan anda ke setiap rumah.

Anda bisa mempromosikan jualan anda di media sosial misalnya di facebook, instagram, whatsapp, twitter dan media sosial yang lainnya.

Membuka Usaha Kue Kering

Apakah anda jago dalam membuat kue? Nah jika anda jago dalam mengolah bahan bahan kue menjadi makanan yang enak dikonsumsi mungkin hal ini bisa anda jadikan sesuatu hal yang bisa menguntungkan anda.

Jika anda berminat untuk melakukan usaha kue kering dan kue yang lainnya anda bisa mencatat kue mana saja yang bisa anda tawarkan dan juga kalau bisa anda memberikan tester kepada orang yang anda tawarkan sehingga orang tersebut bisa merasakan dan tidak ragu untuk membelinya.

Menjual Makanan Untuk Sarapan

Contoh usaha kecil-kecilan selanjutnya adalah membuka usaha makanan untuk sarapan. Seperti makanan siap saji anda juga bisa membuat usaha makanan untuk sarapan di rumah, misalnya anda bisa membuat nasi uduk, nasi urap, lontong sayur, bubur ayam, bubur kacang hijau dan yang lainnya.

Namun anda juga harus tetap mengetahui apakah makanan yang anda dijual di rumah akan mendatangkan pendapatan yang maksimal atau tidak. Maksudnya bagaimana? Maksudnya adalah apakah jualan makanan di rumah anda cocok dengan lingkungan? Oleh karena itu anda harus mengetahui kondisi di sekeliling lingkungan anda.

Membuat Usaha Parcel

Membuka usaha parcel juga merupakan salah satu bentuk usaha yang bisa dikerjakan di rumah, akan tetapi anda juga harus melakukan promosi bahwa anda membuka jasa parcel dan berikan model parcel apa saja yang anda bisa kerjakan.

Anda juga bisa menawarkan ke teman teman jika ingin memesan parsel bisa langsung menghubungi anda. Jika parcel buatan anda bagus maka orang akan mencarinya.

Membuka Jasa Penulis

Di era yang serba digital ini banyak orang yang berlomba lomba untuk mendapatkan penghasilan dari internet atau online. Salah satunya usaha kecil kecilan yang bisa anda lakukan adalah dengan menjadi penulis.

Jika anda mempunyai hobi menulis maka salah satu usaha ini bisa anda lakukan. Anda hanya memerlukan jaringan internet dan juga laptop atau komputer maka anda sudah bisa mendapatkan penghasilan. Anda bisa menawarkan jasa anda di grup grup facebook atau bisa langsung menjadi penulis di media informasi misalnya saja di viva, detik dll.

Menjadi Publisher

Menjadi seorang publisher bisa menjadi solusi jika ingin melakukan usaha di rumah. Saya sendiri seorang publisher akan tetapi hanya menekuni di dunia blogging dan juga di dunia youtube.

Publisher sendiri dibagi menjadi tiga yaitu blogger, youtuber dan developer. Anda bisa memilih mana yang anda minati dan anda kuasai. Nah untuk monetizenya anda bisa menjadi partner google yaitu google adsense. Anda akan mendapatkan gaji dari google adsense jika blog, youtube dan aplikasi anda banyak pengunjung dan penggunanya.

Usaha Kecil-Kecilan untuk Mahasiswa

Anda seorang mahasiswa akan tetapi ingin mendapatkan penghasilan? Jika anda mempunyai niat dan tekad yang kuat maka anda bisa membuka usaha walaupun anda masih berstatus sebagai mahasiswa.

Lalu usaha apa saja yang bisa dilakukan oleh mahasiswa? Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat contoh usaha kecil-kecilan untuk mahasiswa bawah ini.

Membuka Kursus / Les

Banyak sekali usaha yang bisa anda lakukan walaupun anda masih berstatus sebagai mahasiswa. Salah satu usaha yang bisa anda lakukan adalah membuka kursus atau membuka les. Anda bisa menawarkan diri anda ke orang tua yang membutuhkan guru les untuk anaknya.

Biasanya orang tua yang membutuhkan guru les adalah yang anaknya akan menghadapi ujian sekolah atau yang masih sekolah dasar. Jika anda dalam mengajar bagus pasti akan banyak sekali orang tua yang ingin meminta anda untuk menjadi guru les bagi anaknya.

Menjadi Fotografer

Fotografer adalah salah satu usaha yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa apalagi jika anda pandai dalam mengedit foto. Lalu bagaimana cara melakukan usahanya? Anda hanya perlu mempromosikan usahanya anda di kampus tempat anda belajar bahwa anda membuka jasa foto dan cetak.

Anda juga bisa mempromosikan usaha anda di berbagai media sosial dan juga melampirkan hasil jepretannya. Tidak hanya itu saja anda juga bisa menjual hasil jepretannya ke berbagai media misalnya saja ke shutterstock.

Berjualan Online

Berjualan online juga bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa, anda juga tidak perlu stok barang karena sudah banyak sekali penjual online yang menjual barang dagangannya dengan sistem dropship.

Anda hanya perlu fokus dalam menjual barang saja, akan tetapi anda juga harus mencari penjual yang benar benar amanah dan menawarkan sistem dropship sehingga anda tidak akan tertipu dan akan di percaya oleh pembeli.

Menjadi Translator

Anda memiliki kemampuan dalam menerjemahkan dari berbagai bahasa ke bahasa indonesia? Jika iya maka hal ini bisa menjadi ladang penghasilan untuk anda. Anda bisa menjadi seorang translator.

Jika anda seorang mahasiswa dan anda mempunyai kemampuan untuk menerjemahkan bahasa lain ke bahasa indonesia maka anda bisa menjadi seorang guru les atau guru privat yang mengajarkan bahasa yang anda kuasai atau juga bisa menjadi seorang translator.

Membuka Jasa Pembuatan Website

Jasa membuat website atau blog sekarang banyak peminatnya. Kenapa seperti itu ? karena banyak sekali orang yang sudah mengetahui bahwa dari website atau blog bisa menghasilkan uang.

Tidak hanya itu saja dengan menggunakan website anda juga bisa menjual barang dagangan anda sehingga akan banyak pembeli yang akan lebih percaya kepada anda.

Menjadi Youtuber

Jika anda mempunyai peralatan yang mumpuni anda bisa menjadi seorang youtuber. Menjadi seorang youtuber bisa dilakukan di di rumah dan juga bisa dilakukan oleh anda yang masih berstatus mahasiswa.

Apa saja yang diperlukan jika ingin menjadi seorang youtuber? Hal yang paling penting jika anda ingin menjadi seorang youtuber adalah anda harus bisa melakukan edit video dan juga memiliki peralatan yang mendukung untuk edit video.

Membuka Jasa Servis (Komputer, Laptop atau Hp)

Perkembangan teknologi yang semakin pesat banyak sekali tipe laptop, komputer dan hp yang dikeluarkan. Tidak hanya itu saja dengan perkembangan teknologi anda juga bisa mendapatkan informasi lebih cepat menggunakan smartphone, laptop atau Hp.

Semakin banyaknya orang yang menggunakan Hp, Komputer dan Laptop maka akan semakin banyak juga orang yang mengalami kerusakan pada Hp, Komputer dan Laptop.

Oleh karena itu jika anda mempunyai kemampuan untuk melakukan servis Hp, Komputer dan Laptop maka anda bisa membukanya walaupun anda masih berstatus mahasiswa.

Usaha Kecil-Kecilan untuk Pemula

Anda belum pernah melakukan atau membuka usaha? Serta masih bingung ingin melakukan usaha apa? Jika anda masih pemula dan ingin membuka usaha kecil kecilan anda bisa melihat jenis usaha yang bisa anda kerjakan walaupun anda masih pemula.

Menjual Makanan Ringan

Membuka toko makanan ringan. Yap membuka toko makanan ringan menjadi solusi jika anda seorang pemula dan ingin mempunyai usaha makanan walaupun masih kecil kecilan.

Dalam membuka usaha makanan ringan anda tidak membutuhkan modal yang besar. Jika hanya membuka usaha makanan ringan saja mungkin modal 5 juta (diluar etalase) sudah cukup untuk memulai usaha makanan ringan.

Membuka Usaha Pulsa dan Kuota

Pulsa dan Kuota merupakan salah satu kebutuhan yang paling atat penting. Jika tidak ada pulsa atau kuota anda tidak bisa menghubungi siapapun. Oleh karena itu jika anda membuka usaha pulsa dan kuota maka usaha anda bisa cepat laku.

Kalau bisa dalam membuka usaha pulsa dan kuota anda juga membuka pembayaran tagihan listrik, pulsa listrik dan juga tagihan yang lainnya.

Membuka Bisnis Dengan Sistem Franchise

Contoh usaha kecil-kecilan untuk pemula selanjutnya adalah membuka usaha dengan sisitem franchise. Bagi anda yang baru saja akan membuka usaha pasti akan minim sekali pengalaman, apalagi di bidang makanan.

Jika anda masih belum percaya diri untuk membuat makanan dan menjualnya, maka salah satu alternatifnya anda membuka usaha dengan sistem franchise.

Dengan sistem franchise anda tidak perlu membuat produk makanan dari awal karena semua bahan makanan biasanya sudah disediakan dari pihak franchise. Anda tinggal mengolahnya dan bisa langsung menjualnya.

Menjual Aksesoris Hp

Di zaman serba teknologi ini sudah banyak orang yang menggunakan smartphone baik untuk belajar, berbisnis, dan lain sebagainya. Pengguna smartphone juga sudah banyak mulai dari orang tua, anak muda sampai anak kecil sudah menggunakan smartphone.

Banyak juga orang yang membutuhkan aksesoris hp seperti casing, headset sampai dengan TG. Oleh karena itu membuka usaha aksesoris hp bisa menjadi salah satu usaha yang bisa dilakukan para pemula.

Membuka Usaha Baju Anak Anak

Bagi anda yang sudah menikah dan mempunyai anak anda tetap bisa melakukan usaha lho. Anda bisa melakukan usaha kecil kecilan dengan menjual baju anak anak. Anda hanya perlu melihat model baju anak yangs sedang hits, kemudian anda cari distributornya.

Setelah mendapatkan barang yang anda ingin jual, anda bisa menawarkan baju anak anak tersebut di media sosial. Bisa di facebook, WA, instagram dll.

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi contoh usaha kecil-kecilan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, para pemula serta contoh usaha yang bisa berjualan di rumah.

Leave a Comment