Peluang Usaha

Mungkin banyak diantara anda sering mendengar kata peluang usaha akan tapi apakah anda mengetahui apa arti dari kata kata itu? Yaps secara sederhana dua kata di atas mempunyai arti yang berbeda.

Peluang sendiri mempunyai makna atau mempunyai arti kesempatan atau juga sesuatu hal yang berharga yang tidak boleh dilewatkan, di tinggalkan atau disia siakan. Sedangkan usaha adalah cara atau upaya untuk mendapatkan sesuatu atau untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Jadi Peluang usaha bisa diartikan sebagai suatu kesempatan untuk meraih (Uang dan keuntungan) melalui cara atau upaya sehingga akan mendapatkan hasil yang baik. Secara sederhana bisa diartikan seperti itu. Sebelum membahas lebih jauh tentang peluang bisnis yang potensial, berikut ini beberapa tips untuk memulai usaha atau bisnis.

Tips Memulai dan Melakukan Usaha Agar Untung

Sebelum anda memulai usaha ada baiknya anda menyimak beberapa tips berikut ini :

1. Menentukan Produk

Dalam hal ini anda hanya perlu menentukan produk yang ingin anda jual. Silahkan pilih jenis atau produk yang akan anda jadikan bisnis atau usaha, jika makanan anda juga harus bisa membuatnya atau bisa ambil di produsen, jika barang maka anda harus mencari supplier/produsen, jika jasa atau yang lainnya anda harus memiliki keahlian.

2. Melakukan Riset atau Analisa

Dalam melakukan riset mungkin ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Apa saja yang perlu diperhatikan? Yang pertama adalah persaingan, contohnya jika anda ingin melakukan usaha minuman kekinian coba anda cari tahu dahulu apakah di tempat atau di daerah yang akan anda jadikan usaha sudah ada jenis minuman tersebut atau masih belum ada.

Yang kedua harga, setelah mencari tahu persaingan coba anda cek juga harga jual produknya. Kira kira jika jual produk tersebut dengan harga yang sama masih menguntungkan atau tidak, disini anda sekalian melakukan perhitungan modal yang akan digunakan.

Yang ketiga adalah kenali lingkungan. Jika anda ingin melakukan usaha maka anda bisa melihat disekitar tempat tinggal anda. Misalkan disekitar rumah anda adalah tempat perkantoran atau pabrik yang banyak karyawan atau pegawainya. Maka ini bisa menjadi peluang bagi anda untuk membuka usaha. Misalnya warung makan, gorengan dll.

3. Melakukan Usaha Sesuai Keahlian

Apakah anda mempunyai keahlian seperti menulis, editing foto, editing video, service elektronik dll? Jika iya maka hal ini bisa anda jadikan suatu bisnis atau usaha. Pasti akan menyenangkan jika melakukan sesuatu hal yang disukai dan pastinya menghasilkan (keuntungan).

4. Melakukan Promosi

Apakah sudah cukup dengan tiga hal diatas? Tentu saja tidak, jika sudah memilih produk, melakukan riset dan memilih usaha yang anda sukai maka langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Di era digital ini anda bisa mempromosikan produk atau jasa anda melalui media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Instagram dll.

5. Sabar dalam Melakukan Usaha

Setelah semua dilakukan ada satu yang yang perlu anda tekankan pada diri anda yaitu sabar dalam merintis bisnis atau usaha. Misalnya saja jika anda ingin menjadi seorang blogger atau youtuber, apakah bisa langsung sukses? Tentu saja tidak, anda butuh waktu, butuh tenaga, butuh pemikiran untuk bisa sukses menjadi yang anda inginkan. Jadi tetap semangat.

Jenis Jenis Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Berikut ini adalah beberapa peluang yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis.

Peluang Usaha Makanan

peluang usaha makanan

Anda ingin memulai usaha makanan tapi bingung? Tak perlu bingung dan berpikir yang lama lagi, ada banyak sekali peluang di dunia bisnis makanan. Jika anda pintar memasak anda bisa membuka warung makan, akan tetapi jika anda mempunyai skill memasak yang bisa anda tetap bisa melakukan bisnis makanan.

Ada banyak sekali jenis usaha makanan dan harganya juga beragam serta modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Apa saja jenis usahanya? Silahkan disimak, berikut ini beberapa jenis bisnis makanan baik makanan ringan, makanan siap saji dan usaha minuman dengan modal yang kecil yang tentunya laris manis.

1. Membuka Warung Makan

Bagi anda yang mempunyai skill memasak hasil masakan yang memuaskan mungkin membuka warung makan bisa menjadi salah satu jalan untuk memulai usaha. Warung makan tak melulu menjual sayur matang dan lauk saja, anda juga bisa membuka semacam ayam geprek, ayam bakar, mie ayam dll. Membuka warung makan apakah harus sewa toko? Jika anda sudah mempunyai rumah dan memiliki halaman depan yang luas maka ini sudah cukup untuk dijadikan tempat usaha anda.

Untuk menarik pelanggan anda bisa melakukan promosi di media sosial facebook, instagram serta anda juga bisa memberikan layanan antar makanan (Delivery), jadi pelanggan hanya perlu memesan via telepon atau wa saja.

2. Jualan Makanan Ringan

Makanan ringan adalah salah satu makanan yang digandrungi oleh semua usia, mulai dari yang kecil sampai yang tua, saya sendiri setiap hari pasti ada makanan ringan untuk di cemil.

Ini bisa dijadikan peluang bisnis anda. Apa saja makanan ringan yang banyak digandrungi ? berikut ini beberapa contoh jajanan yang bisa dijadikan usaha serta banyak peminatnya:

  • Aneka keripik (pisang, singkong, sukun, dll)
  • Aneka peyek (peyek kacang, peyek rebon, peyek abon dll)
  • Aneka kacang
  • Klanting
  • Emping
  • Kacang bawang
  • Kacang pedas
  • Kuaci
  • Mie lidi
  • Stik talas
  • Kembang goyang
  • Keripik jagung
  • Opak
  • Emping jagung
  • Dan masih banyak lainnya

Jika anda tidak bisa melakukan produksi sendiri mungkin anda bisa membeli ke produsen jajan tersebut secara grosir kemudian anda jual ke pasaran dengan dengan berbagai harga. Mulai harga 500, 1000, 2000, 5000 sampai dengan 10.000.

Disini anda tidak harus mempunyai toko karena makanan ringan ini bisa anda titipkan ke warung atau toko atau juga ke kantin sekolahan. Anda tinggal membuat kesepakatan dengan pemilik toko atau warung. Nanti dua minggu atau satu bulan sekali anda bisa melakukan pengecekan sekaligus mengisi jajan yang sudah habis.

3. Jualan Makanan Siap Saji

Usaha makanan siap saji juga bisa anda lakukan. Apalagi di lingkungan anda banyak para pekerja kantoran atau para pekerja yang tidak punya waktu untuk memasak. Hal ini bisa anda jadikan peluang usaha yang menjanjikan.

Makanan siap saji apa yang bisa dijadikan ladang usaha? Ada banyak sekali makanan siap saji yang bisa anda lakukan. Berikut ini referensi usaha makanan siap saji.

  • Nasi uduk (pagi hari atau malam hari)
  • Mie goreng/rebus
  • Nasi goreng
  • Pecel lele
  • Ayam geprek
  • Ayam krispi
  • Dll

4. Membuka Usaha Minuman

Selain usaha makanan cepat saji dan usaha makanan lainnya ada lagi yang bisa anda lakukan yaitu usaha minuman. Etz minuman disini bukan minuman yang aneh aneh ya. Minuman disini adalah minuman yang lagi hits. Contohnya:

  • Minuman Boba
  • Minuman Bubble tea
  • Minuman Thai tea
  • Minuman Cheese tea
  • Minuman Es kopi
  • Minuman Cokelat
  • Minuman Jus Buah
  • Minuman Nyoklat
  • Minuman Rujak Es Krim
  • Minuman Monster Ice Blend
  • Dll

Peluang Bisnis Online

peluang bisnis online

Peluang bisnis di era digital ini ada banyak sekali tergantung bagaimana anda melihatnya. Jika diatas sudah diulas beberapa jenis atau ide usaha makanan ringan dan juga minuman, maka berikut ini beberapa jenis peluang bisnis yang bisa dilakukan secara online baik yang menggunakan modal kecil atau juga tanpa modal.

1. Menjadi Seorang Dropshipper

Ada yang mau dapat uang hanya dari rumah dan hanya memanfaatkan koneksi internet serta hp? Pasti semua orang mau dong, saya juga mau. Yapz kalau begitu anda bisa menjadi dropshipper.

Bagaimana sih cara melakukan dropship barang? Pada intinya dropship bisa dilakukan jika anda sudah melakukan kerjasama dengan produsen/supplier/penjual. Misalnya saja anda ingin jual baju koko, nah anda cukup cari produsen/supplier/penjual baju koko tersebut kemudian melakukan perjanjian atau kesepakatan. Jika ada yang memesan baju koko tersebut anda tinggal pesanan ke produsen/supplier/penjual kemudian minta kirim ke alamat pembeli dan pengirim minta di ubah atas nama anda.

2. Menjadi Content Writer atau Penulis

Bagi anda yang mempunyai bakat menulis mungkin bakat tersebut bisa anda manfaatkan untuk menjadikan uang. Diera digital ini banyak sekali yang membutuhkan penulis, bayaran yang akan anda dapatkan dari menulis juga lumayan.

Coba sekarang anda search di google “jasa penulis content” dan lihat berapa bayaran yang didapatkan jika anda bisa menulis sesuai dengan yang diminta. Luar biasa bukan.

3. Membuka Jasa Konsultasi (Jika Memiliki Keahlian)

Jasa konsultasi mungkin terdengar aneh tapi jika anda memiliki keahlian dibidang tertentu bisa anda coba. Misalnya saja anda seorang arsitek, maka selain menerima jasa menggambar rumah dan lain lain anda juga bisa membuka jasa konsultasi online.

4. Menjadi Seorang Desainer

Peluang usaha selanjutnya menjadi seorang desainer. Menjadi desainer adalah salah satu usaha yang potensial yang bisa anda kerjakan. Kenapa begitu? Karena tidak semua orang bisa melakukan hal itu dan banyak orang yang membutuhkan skill seorang desainer.

Misalnya saja desain logo, untuk harga desain logo sendiri beragam mulai dari 50.000 sampai dengan 500.000. Anda tidak percaya silahkan search di google.

5. Menjadi Youtuber

Beberapa tahun belakangan ini banyak sekali youtuber baru bermunculan. Kenapa seperti itu? Karena mereka menyadari bahwa dengan menjadi youtuber maka mereka bisa mendapatkan penghasilan yang tidak kalah dengan para pegawai kantoran.

Namun untuk menjadi seorang youtuber tentu tidak gampang lho. Anda harus kuat, telaten, konsisten dan terus belajar. Jika semua itu dilakukan akan ada hasilnya.

6. Menjadi Blogger

Sama seperti youtuber menjadi seorang blogger juga bisa membuat anda merasa bangga dan bisa bersama keluarga. maksudnya? Yapz dengan anda menjadi seorang blogger maka anda akan mendapatkan penghasilan dengan hanya kerja dari rumah.

Hasil yang di dapat juga tidak kalah lho. Sama seperti youtube jika anda berkeinginan yang kuat menjadi blogger maka anda juga harus konsisten, terus belajar dan sabar.

Peluang Bisnis Rumahan

peluang bisnis rumahan

Apakah ibu rumah tangga bisa melakukan bisnis? Tentu saja bisa. Semua orang mempunyai peluang yang sama untuk melakukan atau memulai bisnis serta bisnis tersebut bisa dilakukan dimana saja termasuk dilakukan dirumah. Berikut ini beberapa contoh peluang bisnis rumahan yang tentunya bisa anda lakukan.

1. Memproduksi Makanan Ringan

Bagi anda yang baru saja mau memulai usaha mungkin melakukan produksi usaha sendiri bisa anda lakukan. Ada banyak produk yang bisa anda produksi tergantung dari skill dan kemampuan anda sendiri.

Mungkin sekedar saran saja jika ingin memproduksi makanan ringan sendiri anda bisa mencoba satu jenis produk dahulu. Kenapa begitu? Karena jika anda baru memulai produksi dan membuat beberapa produk maka anda bisa kewalahan. Lakukan satu saja yang menurut anda prospek kedepannya. Untuk jenis produknya bisa anda lihat pada bagian jualan makanan ringan.

2. Membuka Counter

Seiring perkembangan teknologi maka banyak sekali orang yang menggunakan internet untuk melakukan komunikasi. Nah dari sini anda bisa mengambil peluang bisnis yaitu dengan membuka counter.

Kalau bisa tidak hanya layanan pengisian pulsa dan kuota saja akan tetapi anda juga membuka layanan pembayaran BPJS, Listrik, Service hp dll. Apakah hanya itu saja? Tentu saja tidak anda juga bisa menjual makanan ringan, minuman dingin dll.

3. Membuka Toko Sembako

Sembako atau bahan makanan dan lainnya pasti akan tetap dicari oleh orang karena itu sudah menjadi kebutuhan. Jika anda mempunyai modal yang cukup maka anda bisa membuka toko sembako.

Mungkin untuk pertama tidak harus lengkap, anda bisa melengkapi sembako yang anda jual secara bertahap. Untuk awal mula anda bisa menyediakan barang atau sembako yang memang dibutuhkan oleh orang. Kemudian secara bertahap anda lengkapi.

4. Membuka isi Ulang Air Mineral

Banyak sekali orang yang sudah beralih dari air yang direbus sendiri ke air galon. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk membuka isi ulang air galon. Apakah harus punya mesin sendiri? Tentu saja tidak, anda tidak harus punya mesin sendiri.

Anda bisa melakukan kerja sama dengan pemilik isi ulang air mineral kemudian anda jual ke orang lain. Coba anda bayangkan jika anda mempunyai pelanggan 50/ harinya sudah berapa penghasilan yang anda dapatkan? Tidak usah dihitung hitung akan tetapi di praktekan.

5. Membuka Warung Sayuran

Selain sembako sayuran juga menjadi barang yang pasti akan dicari oleh orang. Jika anda ingin melakukan usaha sayuran ini anda bisa membuka warung atau juga bisa menjajakan sayuran anda keliling.

Jika ingin menjual keliling maka anda bisa menargetkan ke komplek perumahan perumahan. Anda bisa menawarkan dagangan dari pintu ke pintu. Jika usaha ini di tekuni maka anda akan mendapatkan hasilnya.

Nah, itu lah tadi beberapa peluang usaha baik yang menggunakan modal besar dan modal kecil yang tentunya jika dilakukan dengan penuh keuletan, terperinci dan kesabaran pasti akan mendapatkan keuntungan yang akan membuat anda tersenyum.

Leave a Comment